iklan bank sumut

Ihsg.co.id- Pada sesi perdagangan, Senin (5/12/2022), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih terpuruk di zona merah.

IHSG Senin, 5 Desember 2022, ditutup di posisi 6.987 atau melemah 0,46 persen atau setara 32 poin ketimbang pembukaan pada pagi tadi di level 7.019. Volume perdagangan hari ini sebanyak 24 miliar lembar saham senilai Rp13 triliun. Sebanyak 160 saham menguat, sebanyak 375 saham melemah, dan sebanyak 165 saham stagnan.

Di sisi lain, sektor saham perbankan dan komoditas direkomendasikan untuk perdagangan pekan ini. Indo Premier Sekuritas mengatakan saham-saham yang ada di dalam dua sektor tersebut memiliki bobot besar dan year to date kinerjanya cukup baik.

Equity Analyst Indo Premier Sekuritas Mino mengatakan pada dasarnya ada dua sentimen yang bakal memengaruhi pergerakan saham-saham pada pekan ini yakni sentimen domestik dan sentimen eksternal.

Dari sisi domestik ada data cadangan devisa November, indeks keyakinan konsumen November, dan penjualan ritel Oktober. Sementara itu dari sisi eksternal ada ekspektasi The Fed menurunkan besaran kenaikan suku bunga acuan, harga komoditas, klaim pengangguran, dan inflasi produsen.

“Penurunan posisi cadangan devisa pada Oktober 2022 antara lain dipengaruhi oleh pembayaran utang luar negeri pemerintah dan kebutuhan untuk stabilisasi nilai tukar rupiah sejalan dengan meningkatnya ketidakpastian pasar keuangan global,” jelasnya.

By Admin

Leave a Reply