iklan bank sumut

Ihsg.co.id- Anjloknya saham emiten yang terafiliasi dengan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, hingga puluhan persen pada perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (23/10), diisukan karena sang Ketua PSSI ini tidak terpilih sebagai Cawapres Prabowo Subianto.

Adapun emiten yang dimaksud adalah PT Mahaka Media Tbk (ABBA) dan PT Mahaka Radio Integra Tbk (MARI). Merosotnya saham kedua perusahaan itu terjadi usai Erick dipastikan gagal menjadi calon wakil presiden (cawapres) pendamping Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

Mengutip RTI Infokom saham ABBA turun 9 poin atau 10 persen dari level 90 menjadi 81. Saham ABBA diperdagangkan di rentang 81-83 per lembarnya dengan total volume 49,06 juta dengan turnover Rp318,8 miliar.

Posisi komisaris utama ABBA saat ini tempati oleh anak Erick, yakni Mahendra Agakhan Thohir. Erick juga sempat menjabat sebagai komisaris utama perusahaan tersebut namun mengundurkan diri sejak 2019 karena ditunjuk menjadi menteri BUMN.

Saat ini, pemegang saham mayoritas ABBA dimiliki oleh PT Beyond Media sebesar 40,47 persen, PT Solic Kreasi Baru 13,77 persen, dan masyarakat 34,09 persen.

Sementara itu, saham MARI anjlok 44 poin atau 34,38 persen dari posisi 128 menjadi 84. Saham MARI diperdagangkan di rentang 84-108 per lembarnya.

Sedangkan, volume transaksi MARI mencapai 185,4 juta saham dengan turnover Rp441,2 miliar.

Pemegang saham mayoritas MARI digenggam oleh PT Beyond Media sebesar 40,35 persen, PT Mahaka Media 16,37 persen, dan masyarakat 43,28 persen.

Direktur Ekuator Swarna Investama Hans Kwee mengatakan penurunan saham ABBA dan MARI belakangan ini erat kaitannya dengan gagalnya pencalonan Erick sebagai cawapres.

Sebab, kata dia, sebelumnya kedua saham menguat karena spekulasi Erick jadi cawapres.

“Jadi Ketika gak jadi (cawapres), saham tersebut terkoreksi. Jadi ini hal yang wajar,” ucap Hans kepada CNNIndonesia.com.

Setali tiga uang, Pengamat Pasar Modal PT Dinamika Gelora Satya Oktavianus Audi mengatakan penurunan saham ABBA dan MARI tak lepas dari isu Erick.

Ia menilai isu Mahaka Group dengan Erick sangat kental beberapa hari terakhir.

Namun secara obyektif, menurutnya pelemahan dipengaruhi juga karena laporan keuangan MARI kuartal III 2023 yang rugi.

By Admin

Leave a Reply